fusebux

uang download

Klika jadeh

Rabu, 20 Agustus 2014

Rangkaian Otomatis Mesin Pompa Air AnasPramudita



Rangkaian Otomatis Mesin Pompa Air

    Jumpa lagi sobat neter yang budiman, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalama pada sobat yang suka berexperimen. Postingan kali ini saya akan mengulas tentang gimana cara membuat otomatis mesin pompa air, di mana kita sering menjumpai mesin pompa air sering di hidupkan untuk mengisi bak mandi sering kali kita lupa untuk mematikan saklar pompa air tersebut, sementara bak mandi sudah terisi penuh dan air bercecer kemana-mana.
    Rangkaian otomatis mesin pompa air ini berfungsi untuk memutus aliran listrik yang menuju ke mesin pompa air, yang di dukung oleh beberapa komponen di antaranya : 3 buah Rilay 12v Dc, 4 buah transistor jenis NPN (Negatif Fositif Negatif) atau  sering kita kenal dengan transistor yang ber Bazis (-), di Bantu juga oleh bebera Resistor, capasitor Elco, Dioda, Dan 1 buah trafo 500Ma denga output 12volt Dc.
    Cara kerja alat ini berfungsi apabila debet air pada bak mandi berkurang maka dengan otomatis alat ini akan berfungsi menghidupkan mesin pompa air, dan apabila debet air pada bak mandi penuh maka dengan otomatis pula alat ini akan memutus aliran listrik yang menuju ke mesin pompa air.
   
    Lihat skema rangkaian di bawah ini:


 

     Komponen yang harus di sediakan untuk membuat rangkaian yang sederhana ini sangatlah mudah di dapat di took-toko electronic yang dekat dari daerah sobat berada, di antaranya yang di butuhkan antara lain Sbb:

1.Rilay (12vDc)      X  3 buah
2.Q. D313                X  2 buah
3.Q.C945                 X  2 buah
4.R. 1 K                   X  2  buah
5.R. 56K                  X  1  buah
6.C. 470uf / 50v       X  1  buah
7.D. IN4001             X  2  buah
8.Trafo 500Ma         X  1  buah  Dan
9.Segelas kopi + cemilan untuk menemani sobat berexsperimen.
       Sekian dulu ya sob, moga bermanfaat bagi kita semua

                                                                          Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut